Contoh Surat Resign Terbaik dan Format Penulisannya - Resign atau berhenti bekerja dari suatu perusahaan adalah sesuatu hal yang wajar di dunia kerja. Apalagi di kota-kota besar, resign adalah sesuatu hal yang biasa, karena banyaknya lowongan kerja yang tersedia, berpindah kerja dengan alasan untuk mengembangkan diri, untuk memperoleh income yang lebih besar, memperoleh tempat yang lebih nyaman, menghindari kejenuhan adalah salah satu faktor terjadinya resign.
Dalam hal ini penulis akan menjelaskan mengenai format pembuatan surat pengunduran diri dan beberapa contoh surat pengunduran diri.
Tujuan surat pengunduran diri
Tujuan dari pembuatan surat resign ini adalah sebagai salah satu kode etik dari sebuah perusahaan ketika kita akan berhenti bekerja atau berpindah ke tempat kerja yang lain.
Surat pengunduran ini juga bertujuan bagi kita untuk mendapatkan surat pengalaman kerja bahkan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan uang pensiun dari sebuah perusahaan untuk masa kerja tertentu.
Surat pengunduran ini merupakan jenis surat yang dibutuhkan saat ini, baik di kantor ataupun perusahaan tempat anda bekerja, bisa juga disekolah-sekolah ataupun organisasi.
Manfaat yang diperoleh dengan membuat surat resign.
Apa sajakah manfaat yang bisa didapat dengan membuat surat resign:
1. Manfaat bagi perusahaan adalah perusahaan memiliki kesempatan untuk mencari pengganti untuk mengisi posisi yang anda tinggalkan.
Surat pengunduran diri ini biasanya diajukan sebelum jatuh tempo anda mengundurkan diri, misalnya anda akan resign pada tanggal 29 Maret 2019, jadi satu bulan sebelumnya anda sudah mengajukan surat pengunduran diri.
Hal ini berguna untuk meninggalkan kesan yang baik bagi diri anda sendiri dan bisa melimpah tugaskan pekerjaan yang anda kerjakan.
2. Anda akan terlihat lebih profesional dan terhormat
Dengan mengundurkan diri secara baik-baik atau resmi maka anda akan terlihat lebih profesional dan mempunyai etika yang baik dalam bekerja serta bertanggung jawab terhadap diri sendiri.
Berikut saya akan menjelaskan mengenai format dari surat pengunduran diri ( Resign ) yang baik dan benar. Berikut penjelasannya :
1. Kota dan Tanggal Pembuatan Surat
Dimana pada bagian ini berisi kota tempat anda membuat surat, tanggal, bulan dan tahun surat dibuat.
2. Nama dan Alamat yang Dituju
Surat pengunduran diri ini biasanya di tujukan untuk bagian Humas Resources Development (HRD) atau bisa langsung kepada kepala instansi.
Apabila harus menuliskan nama atasan atau jabatanya tulislah secara benar dan lengkap dengan gelar, bagian atau unit kerja, dana nama instansi atau perusahaan anda. Jangan menulis ditempat, ada baiknya sebutkan langsung kota intansi anda.
3. Salam Pembuka
Pergunakanlah salam pembuka yang resmi dan sopan atau sering digunakan dalam surat yang bersifat kedinasan, yakni dengan hormat atau salam dalam bahasa Arab.
4. Indentitas Penulis
Lengkapi identitas Nama, Nomor Karyawan, bagian atau unit tempat anda bekerja, jabatan anda, dan informasi lainya berkaitan dengan identitas anda dalam instansi tersebut.
5. Alasan Pengunduran Diri
Ungkapkan alasan yang tepat tujuan dari pengunduran ini, pergunakanlah bahasa yang sopan dan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung. Jauhi penulisan alasan secara detail, misal saya tidak betah bekerja disini karena tidak suka dengan A atau alasan yang lain. Buatlah suatu kesan terakhir yang baik.
6. Tuliskan Tanggal Pengunduran Diri Anda
Cantumkan tanggal, bulan dan tahun ketika anda terakhir bekerja agar semua terang dan jelas.
7. Ucapkan Terimakasih
Ucapkan terimakasih kepada instansi yang sudah memberikan kepercayaan kepada anda untuk bekerja dan belajar di perusahaan tersebut.
8. Permohonan Maaf
Ada baiknya juga untuk mengucapkan pemohonan maaf atas semua kesalahan anda pada saat pekerja disana.
Tambahkan harapan supaya perusahaan semakin berkembang dan maju, walaupun kadang alasan seseorang mengundurkan diri karena ada konflik dengan perusahaan atau antar karyawan.
Apabila diawal menggunakan bahasan arab, maka tutuplah salam juga menggunakan bahasa arab.
10. Nama dan Tanda tangan pembuat surat
Setelah kata hormat saya tuliskan nama lengkap anda lalu tambahkan tanda tangan Biasanya tak jarang perusahan meminta untuk disertakan materai untuk pengurusan administratif.
Tanda tangan letaknya dikanan atau kiri menyesuaikan dengan tempat dan tanggal pembuatan surat.
12 Contoh Surat Resign dengan Berbagai Alasan
Contoh surat resign hotel |
Contoh surat resign dengan alasan kesehatan |
Contoh surat resign berbahasa Inggris |
Contoh surat resign karyawan |
Contoh surat resign organisasi |
Contoh surat resign organisasi |
Post a Comment
Post a Comment